Respon Tubuh Saat Minum Kopi Hitam

Inilah yang terjadi pada tubuh saat kamu minum kopi hitam. Bagi kebanyakan peminum kopi, ada evolusi yang nampak jelas dari waktu ke waktu. Pada awalnya mungkin kamu masih minum kopi yang dipenuhi dengan susu dan gula. Kemudian saat mulai benar-benar menikmati kopi, kamu secara bertahap menghilangkan zat aditif tersebut.

Pada akhirnya, kamu menjadi terbiasa dengan kopi hitam karena tidak memerlukan tambahan apa pun untuk bisa diminum. Jika kamu berada di tahap terakhir ini, maka kamu beruntung.

respon tubuh saat minum kopi hitam

Kopi hitam baik panas atau dingin, bermanfaat bagi kesehatan kita. Ada banyak hal tersimpan yang sangat menakjubkan dan itu terjadi pada tubuhmu. Tentunya ketika kamu minum kopi hitam.

Pasti kamu juga tidak percaya dengan mitos dan fakta kopi merusak gigi putihmu yang satu ini. Kami pun sebenarnya juga begitu.

Tapi hari ini ada topik bahasan yang lebih menarik lagi.

Dampak Minum Kopi Hitam Pada Tubuh

Dr. Helen Goldstein direktur terapi fisik untuk FlexIt, Inc. mengatakan bahwa konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan risiko obesitas. Bagaimana bisa hal itu terjadi?

Di sana ia memuji antioksidan kuat dan mikronutrien nabati yang disebut polifenol. Kandungan ini terkubur dalam secangkir kopi hitam yang kamu minum.

Secara khusus, asam klorogenat adalah superstar di sini karena telah terbukti mengurangi lemak perut visceral. Lemak visceral dikaitkan dengan peningkatan risiko gangguan metabolisme seperti diabetes tipe 2.

Oleh karena itu, kopi hitam tidak hanya memberikan manfaat estetika bagi tubuh kita. Tapi kopi hitam juga membantu mencegah beberapa kondisi kesehatan yang serius.

Jika kamu bangun di sisi tempat tidur yang salah, bergulinglah dan segera pergi ke dapur. Kemudian buat secangkir kopi hitam hangat.

Seperti yang dijelaskan Dr. Goldstein, ada penelitian yang mendukung kopi hitam sebagai mood booster. Itulah kenapa kami menyarankan untuk segera menyeruput kopi hitam.

Seperti yang dijelaskan di sana, suasana hati dan kewaspadaan meningkat secara keseluruhan. Sedangkan tingkat kelelahan mental menurun. Itulah yang dilaporkan oleh peserta dalam suatu studi penelitian.

Kafein memblokir reseptor adenosin di otak kita. Kemudian mencegah rasa lelah yang disebabkan oleh adenosin tersebut. Namun, penting untuk mempertimbangkan bahwa konsumsi kopi yang konsisten dapat menyebabkan kecanduan. Sehingga kamu akan merasa sehari tanpa membuatmu jadi lebih lelah dan sakit kepala.

Inilah efek samping utama yang ditimbulkan oleh asupan kopi yang berlebihan. Jadi sebaiknya kendalikan kebiasaan minum kopimu agar tidak berlebihan.

Ada fakta menarik yang disampaikan oleh Dr. Josh Axe, D.N.M., C.N.S, D.C., pendiri Ancient Nutrition. Satu cangkir kopi hitam mengandung lebih banyak antioksidan polifenol daripada teh hijau, teh hitam, dan kakao. Hebat bukan?

Kopi yang terbuat dari biji berkualitas merupakan sumber antioksidan yang sangat baik. Di dalamnya juga termasuk asam klorogenat dan asam caffeic. Kedua antioksidan ini membantu sel melawan kerusakan dan stres oksidatif. Jadi, keberadaannya sangat penting untuk mencegah penyakit.

Kalo kamu mau, kami sarankan untuk beli kopi jombang dari supplier yang tepat.

Efek Minum Kopi Hitam

Jika kamu sedang sibuk untuk memenuhi tuntutan pekerjaan, menyeruput secangkir kopi hitam bisa menjadi cara yang bagus untuk tetap fokus dan terjaga. Seperti yang dijelaskan Dr. Axe di atas, penelitian menunjukkan bahwa kafein dari kopi meningkatkan kinerja tubuh. Kafein sangat berkontribusi pada konsentrasi dan stamina yang lebih baik.

Minum kopi hitam membantu meningkatkan aliran darah ke otak. Ini bermanfaat bagi fungsi kognitif dan memiliki efek perlindungan terhadap gangguan daya ingat.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi kafein dari kopi dapat membantu memulihkan ingatan dan melindungi otak dari kondisi neurologis.

Pelatih diet Stephanie Mansour mengatakan kopi hitam sebenarnya dapat membuat tubuh tampil lebih baik saat berolahraga.

Itu karena kopi hitam meningkatkan jumlah adrenalin dalam darah. Sehingga tubuh lebih siap untuk berolahraga. Cara ini juga membantu memecah lemak tubuh yang tersimpan. Hasilnya tubuh mendapat lebih banyak bahan bakar untuk dibakar.

Ternyata banyak juga manfaat yang bisa kita dapatkan dari minum kopi hitam ya kan?