Modal Untuk Memulai Dropship Internasional

Cari tahu berapa banyak uang yang kamu butuhkan untuk memulai dropship internasional yuk. Apakah $100, $500, $1000 atau lebih?

Saat memulai bisnis dropship, kamu memiliki 3 biaya utama. Setidaknya inilah hal-hal yang harus dianggarkan jika kamu ingin memulai dropship Internasional:

  1. Menyiapkan toko online.
  2. Memasarkan toko online dan menguji produk.
  3. Membeli produk yang dibeli pelanggan.

memulai dropship internasional

Biaya Untuk Memulai Dropship Internasional

Sebagian besar dropshipper internasional membangun toko dropship mereka dengan Shopify. Salah satu platform yang paling populer bagi para dropshipper. Itu karena cara setupnya sangat mudah dan cepat. Sehingga kamu bisa segera memulai bisnis dropshipmu.

Dengan Shopify berarti kamu akan dikenakan biaya $29/bulan untuk berlangganan. Kemudian kamu perlu biaya $8 – $14 untuk membuat nama domain. Dalam hal ini yang kami maksud ialah top level domain (TLD). Itu berarti kamu perlu biaya sekitar $43 di muka.

Namun, ada biaya opsional yang perlu dipertimbangkan lagi.

Misalnya biaya untuk membeli logo. Mungkin kamu bisa membeli jasa desain logo dari Fiverr seharga $5,50. Untuk sebuah logo sederhana sepertinya ini cukup.

Logo dibutuhkan membangun toko dan kepercayaan calon pelangganmu. Selain itu juga kedepannya ini adalah cara branding yang kamu butuhkan.

Kamu dapat membuat logo secara gratis menggunakan pembuat logo gratis. Tetapi logo yang dirancang secara profesional akan terlihat jauh lebih bagus di toko onlinemu. Sebenarnya logo itu sangat berharga jika kamu mampu membelinya.

Berapa Biaya Untuk Memasarkan & Menguji Produk?

Meskipun kamu dapat menggunakan sumber lalu lintas gratis. Namun, cara seperti ini cenderung lambat untuk mendapatkan hasil.

Untuk memanfaatkan lalu lintas berbayar, kamu akan dikenakan biaya. Misalnya saja menggunakan iklan berbayar dari Facebook dan Instagram.

Sebaiknya bersiaplah untuk menguji setidaknya 20 produk. Ketika kami mengatakan “uji produk” dengan iklan Facebook, yang kami maksud adalah menambahkan produk ke toko online kamu. Kemudian jalankan iklan kecil untuk tokomu di Facebook untuk menguji strategi pemasarannya.

Jika iklan itu menguntungkan, kamu dapat meningkatkan iklannya lagi dan menjadi “pemenang”. Jika tidak berhasil, maka kamu akan kehilangan uang. Hal yang harus kamu lakukan untuk ini ialah mematikan iklan dan menguji sesuatu yang baru.

Untuk menjalankan iklan, kami sarankan mulai dengan anggaran $5/hari. Dengan budget ini kamu perlu menjalankannya selama 4 hari. Itu berarti setiap tes akan dikenakan biaya $20/produk.

Jadi untuk menguji 20 produk, biayanya sekitar $400.

Sepanjang perjalanan, kemungkinan besar kamu akan mencetak beberapa penjualan. Bahkan jika iklanmu banyak yang gagal sekalipun. Akan tetapi ada baiknya untuk menganggarkan biaya tersebut untuk berjaga-jaga.

Kami mengerti bahwa kita perlu banyak modal untuk hal ini. Oleh karena itu, kamu harus mempersiapkannya matang-matang sebelum memulai. Coba pelajari juga kesalahan yang harus dihindari dropshipper agar tidak terjerumus ke lubang yang sama.

Tips Memulai Dropship Internasional

Pertama, rencanakan untuk membagi anggaranmu selama 2-3 bulan. Kamu tidak perlu menjalankan 20 pengujian produk sekaligus. Kamu dapat melakukannya secara bertahap dengan kecepatanmu sendiri.

Kedua, gunakan usaha sampingan untuk menghemat uang ekstra. Ini pasti akan berhasil. Ada banyak cara untuk mendapatkan pekerjaan sampingan dari rumah. Jadi, kamu bisa menyimpan uangnya untuk diinvestasikan kembali ke dalam bisnis.

Berapa Biaya Untuk Membeli Produk Yang Dibeli Pelanggan?

Ini adalah sesuatu yang tidak dibicarakan banyak orang. Jika kamu menghabiskan semua uang di awal untuk biaya pemasaran & penyiapan, maka kamu tidak akan punya apa-apa lagi. Kamu tidak bisa membeli produk yang dibeli pelanggan.

Jika hal ini terjadi, maka bisnismu akan tenggelam!

Sayangnya, uang yang pelanggan bayarkan kepadamu tidak akan langsung masuk ke rekeningmu. Stripe membayar setiap 7 hari. Sedangkan PayPal kemungkinan akan menahan uangmu selama 3 minggu (berpotensi lebih) sampai mereka mempercayaimu.

Ini berarti kamu harus menyiapkan uang untuk membayar barang, sampai uang yang dibayarkan pelanggan kepadamu telah lunas.

Salah satu alasan paling umum kegagalan bisnis baru adalah karena masalah arus kas. Jika kamu tidak ingin menjadi bagian dari masalah itu, pastikan kamu mempersiapkan diri terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan salah satu hal berikut ini:

Memiliki kartu kredit. Kamu akan mendapatkan uang yang dibayarkan pelanggan di muka saat pembayaranmu akan jatuh tempo.

Siapkan kartu debit. Dengan adanya uang di muka untuk membeli barang dari Aliexpress, kamu bisa tetap memenuhi pesanan pelanggan.