Manfaat Minum Kopi Di Pagi Hari

Apa kamu salah satu orang yang hobi minum kopi? Ketahui manfaat minum kopi di pagi hari berikut ini agar harimu lebih bersemangat.

Banyak di antara kita memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari. Padahal sebagian dari kita awalnya mungkin cuma ikut-ikutan saja, ternyata malah jadi suka. Tanpa disadari, kita jadi lebih semangat beraktivitas dan merasa tidak malas lagi.

Tapi ternyata tidak banyak yang tahu apa manfaat dibalik semua itu.

manfaat minum kopi di pagi hari

Manfaat Minum Kopi Di Pagi Hari Yang Menyehatkan

Kopi Meningkatkan Energi

Kafein dalam kopimu akan membantu menghilangkan perasaan grogi di pagi hari. Kopi juga membuat kamu merasa tidak terlalu lelah. Setelah kamu minum kopi dan kafein diserap ke dalam aliran darah di otak, kafein memblokir neurotransmitter penghambat yang disebut adenosin.

Penelitian membuktikan bahwa banyak uji coba terkontrol pada manusia terkait dengan manfaat kopi. Penelitian tersebut menunjukkan bahwa kopi meningkatkan berbagai aspek fungsi otak. Peningkatan tersebut termasuk memori, suasana hati, kewaspadaan, tingkat energi, waktu respon, dan fungsi kognitif umum.

Jadi lebih semangat minum kopi kan?

Kopi Meningkatkan Pembakaran Lemak

Tahukah kamu bahwa kopi sangat bagus untuk menurunkan berat badan? Ini semua berkat kandungan kafein yang ada di dalam kopi. Kafein ditemukan di hampir setiap suplemen pembakar lemak. Kafein adalah salah satu zat alami yang langka yang dapat membantu tubuh kamu membakar lemak.

Kafein terbukti berfungsi sebagai pembakar lemak alami. Banyak penelitian menunjukkan bahwa kafein secara khusus dapat meningkatkan pembakaran lemak. Bahkan tingkat efektivitas pembakaran lemaknya mencapai 10% pada orang gemuk dan 29% pada orang kurus.

Kopi Mengandung Banyak Nutrisi

Minum kopi di pagi hari tidak hanya meningkatkan semangat kamu. Akan tetapi kamu juga akan mendapatkan riboflavin, asam pantotenat, mangan, kalium, magnesium, dan niasin. Semua ini terkandung di dalam kopi yang kamu minum.

Singkat kata kita sebut saja sebagai antioksidan. Kandungan antioksidan pada kopi sangat bagus untuk mencegah berbagai risiko penyakit kritis.

Minum Kopi Mengurangi Risiko Kematian

Mungkin ini terdengar sangat dramatis, tapi inilah faktanya. Sebuah studi dari National Institutes of Health AARP Diet and Health yang dilakukan terhadap lebih dari 400.000 orang responden, menemukan bahwa pria yang minum satu cangkir setiap hari mengurangi risiko kematian sebesar 6%.

Minum dua sampai tiga cangkir kopi mengurangi risiko sebesar 10% selama jangka waktu penelitian.

Mengurangi Risiko Terkena Alzheimer

Penyakit alzheimer bukanlah hal yang harus ditakuti. Penyakit yang sangat melemahkan ini adalah penyebab utama demensia dan penyakit neurodegeneratif paling umum di dunia. Sebagai pencegahan, makanlah makanan yang sehat, berolahraga, dan minum kopi.

Ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki risiko hingga 65% lebih rendah terkena penyakit Alzheimer.

Kopi Menjadikanmu Lebih Bahagia

Kopi sebenarnya dapat membantu mengurangi risiko depresi. Kopi juga dapat meningkatkan suasana hati saat kamu merasa sedih. Ada dua penelitian khusus yang membenarkan hal ini.

Yang pertama adalah studi dari Harvard yang diterbitkan pada tahun 2011. Para peneliti menemukan bahwa wanita yang minum empat cangkir atau lebih per hari memiliki risiko 20% lebih rendah untuk mengalami depresi.

Studi kedua dilakukan dengan 208.424 orang. Studi ini membuktikan bahwa mereka yang minum empat cangkir kopi atau lebih per hari, kemungkinannya untuk melakukan bunuh diri 53% lebih rendah.

Kopi Mengurangi Rasa Sakit

Ada sebuah penelitian di Norwegia yang dilakukan pada 48 orang yang melakukan pekerjaan kantor. Mereka menemukan bahwa tingkat nyeri yang dirasakan orang-orang yang mengonsumsi kopi hanya sebesar 41. Sedangkan peserta yang tidak minum kopi bisa merasakan nyeri hingga 55. Artinya, rasa sakit yang dialami para peminum kopi lebih rendah dari orang yang tidak meminumnya.

Menurut World of Caffeine, “Kafein memiliki efek SSP mendalam yang menghalangi pemrosesan pusat sinyal rasa sakit pada otak. Kafein juga meningkatkan efektivitas mekanisme penghilang rasa sakit alami tubuh.”

Kami yakin manfaat minum kopi di pagi hari jauh lebih mahal dari harganya. Jadi, berbanggalah para penikmat kopi. Kebiasaanmu ternyata sangat bermanfaat.

Tentunya kurangi asupan gula. Gantilah dengan mencampurkan susu atau madu. Keduanya jauh lebih sehat saat digabungkan dengan kopi.