Mitos Atau Fakta: Kopi Merusak Gigi

Kamu adalah orang yang suka minum kopi. Terutama jika kamu sedang membaca tulisan ini. Sekarang coba perhatikan gigimu. Percayakah kamu bahwa kopi merusak gigi putihmu?

Hari ini kita akan membahas anggapan tentang kopi merusak gigi kita.

mitos kopi merusak gigi kita

Faktanya, kopi adalah salah satu zat yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Kopi tidak hanya membantu beraktivitas di pagi hari. Akan tetapi juga terbukti meningkatkan energi, menajamkan pikiran, bahkan mencegah kanker prostat.

Tapi apakah kopi baik untuk gigi?

Mitos Dan Fakta Kopi Merusak Gigi

Sekarang mari kita lihat apa yang dilakukan kopi pada gigi kita.

Apakah Kopi Melawan Kerusakan Gigi?

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa biji kopi yang sudah dipanggang, melawan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi. Ini adalah berita terbaik bagi para pecinta kopi di seluruh dunia!

Banyak penelitian membuktikan bahwa manfaat minum kopi baik untuk kesehatan secara umum. Ternyata sekarang ada bukti lagi bahwa kopi dapat mencegah gigi berlubang.

Pasti kamu langsung tersenyum jika tahu fakta ini ya kan. Apalagi jika kamu adalah salah satu orang yang jarang menggosok gigi.

Oke, jangan langsung senang begitu saja! Sekarang kita akan mengupas lebih dalam lagi hubungan antara kopi dengan gigi kita.

Satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah kopi memang bisa melawan bakteri penyebab kerusakan gigi. Itu karena kopi juga mengandung asam yang sangat tinggi. Ini adalah asam yang keras pada email gigimu.

Risiko minum terlalu banyak cairan berasam tinggi seperti kopi, dapat melemahkan email kamu. Enamel adalah sesuatu yang melindungi gigi. Ketika ini melemah atau aus, maka gigi menjadi lebih rentan terhadap kerusakan.

Sepertinya kopi memang baik untuk kesehatan dan juga gigimu. Namun di sisi lain tidak.

Sekarang ada cara untuk menikmati kopi sambil membatasi efek negatif dari asam yang dikandungnya. Pertama-tama, kamu bisa minum kopi dengan makan atau camilan sehat yang tinggi serat. Aktivitas mengunyah menghasilkan air liur yang menetralkan asam makanan untuk melindungi gigi.

Kedua, kamu bisa mengimbangi asupan kopimu dengan memperbanyak minum air putih. Air akan mengencerkan asam dan membersihkannya dari gigi. Sehingga tidak akan menggerogoti email gigi kamu.

Studi menunjukkan bahwa pengurangan kerusakan gigi hanya untuk orang-orang yang meminum kopi hitam tanpa gula. Jadi, jika kamu menambahkan pemanis dan krim ke dalam kopi, maka salah satu manfaat kesehatannya untuk gigi akan hilang.

Kesimpulan: Apakah Kopi Merusak Gigi Saya?

Kopi sangat baik bisa menodai gigi. Faktanya, bukan rahasia lagi bahwa kopi adalah salah satu pewarna gigi terbesar di luar sana. Kopi mengandung pigmen gelap yang dapat menempel pada email gigi. Seiring berjalannya waktu, pigmen ini dapat menguningkan gigi dan menggelapkan senyum kamu.

Ada mitos yang mengatakan bahwa menambahkan krim ke kopi akan mencegahnya menodai gigi. Tapi kenyataannya tidak seperti itu.

Pigmen gelap tetap ada. Bahkan jika kamu mencampurnya dengan produk susu. Seperti yang disebutkan di atas, menambahkan krimer dapat menghilangkan manfaat kesehatan dari kopi.

Minum air adalah solusi yang baik untuk melindungi gigi. Minumlah air putih setelah minum kopi. Cara ini akan membersihkan pigmen dan mencegahnya menodai gigi.

Pastinya, menyikat gigi juga akan membantu. Tapi tunggulah beberapa waktu. Asam dalam kopi dapat melemahkan enamel sampai ke titik di mana aktivitas menyikat dapat merusak gigimu.

Menghapus Noda Kopi Dengan Pemutih Gigi

Kalo gigimu bernoda akibat minum kopi, maka kamu harus mempertimbangkan solusi pemutihan gigi profesional. Sebelum itu, perlu diingat bahwa pemutihan gigi sifatnya tidak permanen. Setiap perawatan harus berlangsung selama beberapa tahun. Hal ini tergantung pada kebiasaanmu.