Kelebihan Dan Kekurangan Dropship

Dropship menjadi solusi populer bagi seseorang untuk memulai bisnis e-commerce mereka. Namun, tidak ada bisnis yang sempurna. Inilah kelebihan dan kekurangan dropship yang perlu kamu tahu.

Dropship mengacu pada teknik manajemen logistik. Teknik ini menghilangkan kebutuhan toko untuk menyimpan stok barangnya. Pengiriman barang dilakukan langsung dari pemasok ke pembeli. Bisnis dropship dapat dengan mudah didirikan, bahkan dengan biaya yang relatif rendah.

kelebihan dan kekurangan dropship

Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Dropship

Meskipun kelihatannya sangat mudah, model bisnis ini memiliki kekurangan dan juga kelebihan. Di bawah ini kami cantumkan semuanya secara jelas khusus untukmu.

Kelebihan Bisnis Dropship

Minim modal. Dropship adalah satu-satunya bisnis yang bisa dimulai dengan modal pas-pasan. Bahkan kamu bisa memulainya tanpa modal sekalipun. Kamu juga tidak perlu memiliki barang dagangan terlebih dahulu sebagai stok.

Bisa segera dimulai. Bisnis dropship memungkinkan pelakunya untuk langsung berjualan. Kamu bisa menawarkan produkmu kepada siapa saja. Itu karena kamu tidak perlu memiliki barangnya terlebih dahulu.

Bisnis rendah risiko. Risiko terbesar pengusaha adalah produknya tidak laku dipasaran. Jika itu terjadi, artinya ia akan mengalami kebangkrutan. Ini adalah satu-satunya bisnis yang rendah risiko, karena kamu tidak perlu memiliki stok. Dengan kata lain, kamu tidak perlu takut apabila produknya tidak laku terjual.

Mampu menawarkan produk yang lebih banyak. Semakin banyak produk untuk dijual, maka semakin besar kesempatan memperoleh penjualan. Sekali lagi, dengan tidak harus membeli inventaris di muka, dropshipper dapat menawarkan lebih banyak variasi produk di toko mereka. Dropshipper tidak perlu khawatir bagaimana dan di mana harus menyimpan semuanya.

Menghemat banyak waktu dan uang. Dengan tidak harus berurusan dengan persiapan stok dan pengiriman, dropshipper menghemat banyak waktu dan uang. Seorang dropshipper bisa menjalankan bisnisnya kapan saja dan di mana saja ia mau. Seorang dropshipper juga tidak perlu repot menyewa gudang untuk stoknya. Itulah kenapa banyak waktu dan uang yang bisa dihemat di sini.

Kamu hanya perlu fokus untuk berinvestasi dalam mengembangkan bisnis. Terutama meningkatkan konversi penjualan dan menerapkan strategi pemasaran yang efektif.

Kekurangan Bisnis Dropship

Kesulitan memproses pesanan. Masalah ini terjadi ketika kamu bekerja dengan pemasok yang berbeda. Setiap pemasok akan memiliki kebijakan mereka sendiri. Terkadang hal ini akan memperumit masalah dan bahkan menunda pengiriman.

Kurangnya informasi yang lengkap tentang produk yang dijual. Masalah ini timbul karena dropshipper tidak pernah benar-benar melihat produknya. Biasanya kamu tidak tahu seperti apa kualitas produknya. Kamu juga akan kesulitan menjawab pertanyaan spesifik pelanggan.

Tidak tahu kapan suatu produk kehabisan stok. Dropshipper tidak akan tahu kapan ia akan kehabisan stok. Hal ini sering terjadi pada supplier yang tradisional. Supplier yang tidak tersistem biasanya merepotkan dropshipper dalam hal memantau stok produknya. Seringkali hal ini menimbulkan ketidarpercayaan pembeli terhadap toko kamu.

Menghadapi keluhan pelanggan secara langsung. Pada akhirnya, dropshipper yang harus menghadapi keluhan pelanggan. Terlebih lagi seorang dropshipper biasanya tidak benar-benar memahami tentang barang yang dijualnya. Kadang kala hal ini memperumit dirimu untuk memecahkan masalah yang mungkin terjadi.

Ketatnya kompetisi di bisnis ini. Produk dropship yang bagus sangat populer di antara banyak pemain. Mereka juga sama sepertimu, sama-sama mencoba mendapatkan bagian dari pasar. Padatnya persaingan biasanya akan berdampak pada kompetisi harga yang ketat pula.

Namun kamu tidak perlu khawatir. Di balik semua kelemahan, selalu ada cara untuk mengatasinya.

7 Tips Sukses Mengatasi Kelebihan Dan Kekurangan Dropship

Di bawah ini kami mencantumkan 7 tips untuk mengatasi kelebihan dan kekurangan dropship yang terjadi. Sehingga kamu tidak perlu ragu ketika ingin memulainya.

Solusi: Supplier Dropship Otomatis

Biasanya toko dropship bekerja sama dengan banyak pemasok. Oleh karena itu, pertimbangkan untuk memilih pemasok yang sudah tersistem dengan baik. Sehingga kamu bisa memantau stok dan proses pemenuhan pesanan. Pada akhirnya, kamu bisa memberikan kepastian bagi pelanggan.

Temukan Cara Untuk Menambah Nilai Bagi Pembeli

Ini adalah elemen penting untuk setiap bisnis di luar sana. Namun, dalam lingkungan dropship yang kompetitif, nilai tambah menjadi lebih relevan. Kamu harus ingat bahwa dirimu tidak hanya menjual produk. Kamu harus menemukan cara untuk meningkatkan pengalaman pelanggan yang berkesan di toko kamu.

Menerapkan Strategi Pemasaran yang Efektif

Model bisnis ini telah begitu populer. Sehingga persaingannya menjadi sangat ketat. Oleh karena itu, kamu butuh strategi pemasaran yang efektif untuk memenangkan kompetisi. Saran kami, berinvestasilah dalam pemasaran. Meningkatkan konversi dan jumlah kunjungan adalah skill yang harus kamu kuasai.

Berhenti Bekerja Dengan Supplier Yang Buruk

Hentikan kerjasama jika kamu memiliki masalah dengan pemasok. Masalah yang sering terjadi seperti pengiriman produk yang salah, kualitas produk tidak sesuai, dan menggunakan metode pengiriman yang tidak seharusnya. Jangan ragu untuk menghentikan kerjasama dengan supplier semacam ini. Pilih pemasok kamu dengan hati-hati untuk menghemat tenaga, waktu, dan biaya di masa depan.

Memberikan Layanan Pelanggan yang Sangat Baik

Seperti halnya bisnis e-commerce lainnya, layanan pelanggan terbaik adalah faktor kunci kesuksesan. Ingat: pelanggan selalu benar dan pelanggan tidak pernah salah. Layani mereka dengan sebaik-baiknya dan penuh kesabaran agar reputasi kamu tidak jatuh begitu saja. Ketika kamu berhasil memenangkan hati pelanggan, maka mereka rela mengeluarkan uang berapapun untuk berbelanja di toko kamu.

Gunakan Pengiriman Yang Andal

Pengiriman yang terlalu murah biasanya akan menjadi dilema bagi pelanggan ritel. Mereka bagaikan hiu yang kelaparan. Pelanggan tidak akan sabar menunggu paketnya datang. Oleh karena itu, memilih menggunakan jasa pengiriman profesional adalah solusi terbaik. Meskipun harganya sedikit lebih tinggi, namun biasanya jarang mengalami masalah pada pengiriman.

Awasi Persaingan Kamu

Last but not least, sering-seringlah meantau pesaing kamu. Selain memeriksa toko online mereka, ikuti juga media sosial mereka. Setelah kamu menyukai halaman mereka, kamu akan melihat iklan untuk produk mereka. Dengan cara ini, kamu dapat memeriksa apa yang mereka iklankan. Kamu harus memantau keterlibatan yang dihasilkannya seperti berapa banyak like, share, dan komentar yang didapat pada postingan mereka. Mengawasi pesaing kamu dapat membantu kamu mengidentifikasi produk terbaik untuk tokomu. Cara ini akan memberi kamu ide pemasaran yang lebih bagus.

Itulah semua kelebihan dan kekurangan dropship, lengkap dengan cara mengatasinya. Sekarang kamu tidak akan takut lagi bersaing di pasar. Jadilah dropshipper yang sukses di masa depan!