Beli Kopi Tuban

Ada jutaan cangkir kopi yang dikonsumsi setiap harinya di Indonesia. Tapi tahukah kamu di mana tempat beli kopi tuban terbaik? Dari mana minuman favorit ini berasal? Itulah alasan kami membahasnya.

Karena hanya di Prima Java satu-satunya tempat beli kopi tuban andalan kami. Itu karena di sana juga menyediakan peaberry yang cukup langka. Tahu sendirikan biji kopi ini cuma ada paling banyak 5% di setiap panennya. Tidak seperti kopi lainnya yang selalu tersedia setiap saat.

Di Indonesia, peaberry ini dianggap sebagai kopi penambah vitalitas pria dewasa. Kami akui kandungan nutrisi dan antioksidannya memang lebih tinggi dari kopi sejenis lainnya. Itulah kenapa manfaat vitalitas tersebut benar adanya. Kamipun mengakuinya! Tapi sayangnya bukan itu topik bahasan kita kali ini.

beli kopi tuban

Tanaman kopi adalah semak cemara abadi. Bisa dibilang pohon kecil yang akan tumbuh hingga setinggi 2-4 meter di alam liar. Meskipun semua orang menyebut bagian yang dipanggang sebagai biji kopi. Namun, sesuatu yang memberi kita sentakan energi sehari-hari ini ternyata bukanlah biji kopi sama sekali!

Baca terus, para pecinta kopi harus tahu semua hal yang belum pernah kamu ketahui. Terutama tentang minuman favoritmu ini. Termasuk apa yang dimaksud dengan kopi arabika dan di mana tempat beli kopi tuban paling recommended.

Mengenal Kopi Sebelum Beli Kopi Tuban

Macam-Macam Tanaman Kopi

Saat ini ada 124 spesies tanaman kopi yang telah diketahui. Semuanya termasuk ke dalam genus Coffea.

Di sinilah kita perlu memberikan sedikit pelajaran tentang nama ilmiah. Nama ilmiah tumbuhan atau hewan terdiri dari dua bagian. Bagian pertama selalu di awali dengan nama genus atau generik. Dalam hal ini Coffea dan selalu ditulis dengan huruf kapital.

Bagian kedua adalah nama spesies yang lebih spesifik. Di bagian ini ditulis dengan huruf kecil. Jadi, misalnya, Coffea arabica hanyalah salah satu dari 124 spesies tanaman kopi di dunia.

Saat menyeruput kopi, kamu mungkin bertanya-tanya, spesies tanaman kopi apa yang kamu nikmati. Tanpa melihat, kita bisa menebak dan bisa jadi benar. Kemungkinan besar kamu minum C. arabica.

Bagaimana kami bisa tahu? Pasalnya, 60-80% kopi yang diproduksi di dunia berasal dari Coffea arabica. Sedangkan sisanya kebanyakan hanya berasal dari satu spesies lain yakni Coffea canephora. Kopi ini lebih dikenal sebagai kopi robusta atau Coffea robusta.

Jika penasaran dengan rasanya, sebaiknya segera beli kopi tuban di supplier yang tepat.

kopi hitam asli

Ada 124 spesies tanaman kopi berbeda di seluruh dunia. Kenapa kita hanya meminum dua spesies kopi ini saja? Jawaban dari pertanyaan ini berhubungan dengan bisnis pertanian kopi itu sendiri.

122 varietas tanaman kopi lainnya cenderung tidak dibudidayakan. Ternyata, selama sepuluh tahun terakhir ada sembilan spesies kopi yang baru ditemukan lagi. Ini karena ada pihak-pihak tertentu yang secara aktif mencari spesies tanaman kopi baru. Tujuannya untuk mencari tanaman yang menghasilkan kopi tanpa kafein secara alami.

Padahal kopi mengandung kafein alami. Kafein sebenarnya adalah mekanisme pertahanan tanaman dari serangan hama. Kafein dosis tinggi dapat membunuh banyak serangga. Sehingga, serangga yang memakan tanaman kopi menghindarinya seperti wabah.

Biji Kopi Bukanlah Kacang

Tentu, biji kopi memang terlihat seperti kacang. Akan tetapi itu bukanlah kacang asli. Satu-satunya tanaman yang seharusnya disebut kacang ialah tanaman dari genus Phaseolus. Di dalamnya mencakup kacang biasa, kacang Prancis, kacang hitam, kacang merah, kacang pinto, dan kacang hijau.

Namun, hampir semua yang terlihat seperti kacang disebut dengan kacang. Meskipun bukan kacang sejati. Contoh kacang jadi-jadian ini antara lain biji kopi, biji vanili, biji jarak, biji kakao, kedelai Old World, kacang garbanzo (kacang arab), kacang polong, dan kacang-kacangan lainnya.

Jadi apa sebenarnya biji kopi itu? Ini adalah benih! Biji atau benih ini ditemukan di dalam buah. Biasanya ketika melihat buah-buahan, tentu kamu ingin memakan buahnya dan membuang bijinya, bukan?

Hal ini berbeda dengan kopi. Ketika ingin menikmati kopi, kita justru ingin menyingkirkan buahnya untuk mendapatkan bijinya.

Buah yang dihasilkan pohon kopi bermula dari “ceri” kopi yang berwarna hijau tua. Kemudian ceri tersebut berubah menjadi kuning matang. Pada akhirnya matang menjadi “ceri” berwarna merah tua atau ungu. Warna ini menandakan ceri siap dipanen.

Sebagian besar ceri kopi mengandung dua biji. Meskipun begitu, sekitar 5-10% dari ceri yang dipanen hanya mengandung satu biji.

Ini adalah kesempatan langka yang akan kamu temui saat memanen kopi. Ceri yang hanya mengandung satu biji kopi disebut dengan peaberry. Bijinya berbentuk bulat seperti bola. Sebenarnya, peaberry memiliki banyak sekali manfaat. Namun, hal ini akan kami bahas di kesempatan yang lain.

Beli kopi tuban sekarang dan dapatkan peaberry asli di Prima Java.

Tips Beli Kopi Tuban Untuk Mendapatkan Arabika Asli

Kebanyakan tanaman kopi tumbuh paling baik di daerah tropis. Khusus tanaman arabika, biasanya tumbuh di daerah yang lebih tinggi. Akan tetapi, tanaman ini tidak dapat mentolerir suhu beku.

Coffea arabica adalah tanaman kopi yang menyumbang sebagian besar kopi dunia. Di alam liar, Coffea arabica bisa menjadi pohon sejati yang amat tinggi. Tanaman ini tampaknya berasal dari daerah pegunungan di Yaman, serta dataran tinggi di barat daya Ethiopia.

Budidaya Coffea arabica yang disengaja di Yaman, didokumentasikan dengan baik pada abad ke-15. Ketika menanam Coffea arabica secara komersial, dibutuhkan waktu tujuh tahun agar tanaman menjadi cukup dewasa. Sehingga dapat berproduksi dan di panen. Tanaman ini biasanya terus dipangkas hingga ketinggian yang wajar. Tujuannya agar para petani mudah untuk memanennya.

Kebanyakan tanaman Coffea arabica tumbuh di ketinggian 1.200-1.500 mdpl. Tanaman ini tumbuh paling baik pada suhu antara 15 hingga 24 derajat celsius.

Perlu diketahui bahwa kami menyebut Coffea arabica sebagai kopi arabika. Ini yang tidak sama dengan “Kopi Arab”. Sebutan kopi arab biasanya merujuk pada cara menyeduh kopi tertentu yang umum di daerah Arab. Umumnya, penyajian kopi arab dicampur dengan bumbu seperti kapulaga ke dalam proses pemanggangannya.

beli kopi tuban berkualitas terbaik

Kopi Arabika Dan Robusta

Kita semua tahu bahwa pangsa pasarnya kopi robusta tidak sebanyak arabika. Menariknya, kopi robusta lebih mudah tumbuh. Tanaman kopi ini juga tidak rentan terhadap serangan hama. Hasil panennya juga lebih besar dari kopi arabika. Itu artinya, biaya untuk memproduksi kopi ini lebih murah.

Meskipun begitu, rasa kopi robusta sedikit berbeda dengan arabika. Kopi ini memiliki rasa yang lebih pahit dan secara keseluruhan kalah manis dari arabika. Robusta biasanya ditemukan dalam kopi kaleng komersial dan kopi instan yang diproduksi secara masal.

Kandungan kafeinnya juga hampir dua kali liapt dari arabika. Itulah kenapa hama tidak mendekati kopi ini. Di pasar komoditas, biji kopi robusta dijual dengan harga setengah kali lebih rendah dari harga kopi arabika.

Kabar baiknya, jika kamu memiliki kemampuan untuk menyampur kopi, maka kamu bisa menghasilkan kopi yang nikmat. Sekarang ini banyak produsen minuman kopi yang menggunakan campuran antara kopi arabika dan robusta. Alasannya, mereka ingin mendapatkan cita rasa baru yang khas bagi brand mereka.

Dengan begitu, pelanggan akan tahu kemana mereka akan pergi untuk mendapatkan kopi dengan ciri khas unik tersebut.

Kabar baiknya, di Prima Java kamu bisa mendapatkan jenis-jenis kopi terbaik dengan mudah. Pastinya beli kopi tuban di Prima Java, harganya selalu pas di kantong. Jadi kita bisa bebas membeli kopi arabika, robusta, atau kopi jenis lainnya.