Asupan Kopi Harian Yang Aman

Ternyata, ada aturan tersendiri dalam meminum kopi. Asupan kopi harian yang aman ini disarankan oleh para ahli. Padahal sejauh ini, kita hanya minum kopi karena kita ingin. Tidak peduli seberapa banyak yang kita minum.

Apakah kamu sudah kecanduan secangkir kopi? Mungkin kamu pernah mendengar berbagai efek berbahaya dari minum kopi terlalu banyak. Tetapi di sisi lain, minum kopi dalam jumlah tertentu dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan.

asupan kopi harian yang aman

Rasakan kenikmatan beli kopi tuban sekarang!

Minum kopi juga dikaitkan dengan tingkat energi yang lebih baik. Kopi ternyata baik untuk hati dan dapat membantu mencegah risiko beberapa penyakit kronis. Ini juga merupakan sumber antioksidan yang dapat memberi sejumlah manfaat kesehatan.

Jika kamu minum kopi, kamu harus tahu berapa cangkir kopi yang aman diminum dalam sehari. Kamu harus berhati-hati dengan jumlah cangkir kopi yang kamu konsumsi dalam sehari.

Alasannya karena terlalu banyak kafein bisa berakibat pada beberapa masalah kesehatan. Baca terus catatan kami untuk mengetahui saran ahli tentang hal ini. Mereka akan menjelaskan berapa banyak kopi yang aman dikonsumsi dalam sehari.

Asupan Kopi Harian Yang Aman Menurut Para Ahli

Inilah jumlah cangkir kopi yang harus kamu minum dalam sehari. Dr Kiran Dalal dari Fortis Escorts Hospital menjelaskan, “Dua sampai tiga cangkir kopi aman dalam sehari jika seseorang tidak hiperasam dan tidak memiliki masalah lambung. Kopi dapat meningkatkan energi di pagi hari. Kopi juga memberi beberapa manfaat kesehatan dan antioksidan tertentu. Jika tubuh menerimanya dan tidak menunjukkan ketidaknyamanan, maka tidak apa-apa minum dua hingga tiga cangkir kopi dalam sehari”.

Menurut Dr Kiran Dalal, kamu dapat menambahkan kopi untuk sarapan.

“Air harus menjadi hal pertama yang kamu minum di pagi hari. Setelah itu kopi bisa menjadi bagian dari sarapanmu. Kamu juga bisa meminumnya di malam hari.” tambahnya.

Beberapa penelitian telah menyoroti manfaat minum kopi. Di sisi lain, banyak juga yang menggambarkan efek berbahaya dari minum kopi terlalu banyak. Dapat disimpulkan bahwa 2-3 cangkir kopi per hari masih dianggap baik.

Ada yang kecanduan kopi dan mengonsumsi banyak kopi dalam sehari. Jika kamu minum lebih dari 6 cangkir sehari, itu bisa sangat berbahaya bagi tubuh. Usahakan konsumsi kopimu dibatasi dua hingga tiga cangkir kopi sehari.

Saat ditanya tentang penambahan gula pada kopi, inilah jawaban Dr Kiran.

“Gula hanya untuk rasa. Sangat cocok untuk mengkonsumsi kopi tanpa gula. Jika seseorang kelebihan berat badan atau obesitas, dianjurkan untuk tidak menambahkan gula pada kopi atau bahkan teh.”

Anjuran Asupan Kopi Harian Yang Aman

Rata-rata para ahli berpendapat bahwa minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari masih aman. Kamu juga harus menghindari menambahkan gula ke dalam kopimu. Gula dianggap hanya menambahkan rasa saja.

Di samping itu, kita semua tahu bahwa dalam jangka panjang, konsumsi gula terlalu banyak justru menjadi sumber masalah bagi kesehatan. Gula dapat memicu beberapa penyakit kronis. Mungkin lain kali kita akan bahas secara khusus tentang hal ini.

Mengonsumsi kopi lebih dari anjuran para ahli seringkali menyebabkan kecanduan. Itu karena seiring waktu berjalan, tubuh membangun toleransi terhadap minuman ini. Bagi kita yang tidak kuat dengan kafein, seringkali kopi dapat mengakibatkan jantung berdebar, kegelisahan, dan gangguan tidur.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari kopi apabila kamu adalah tipe orang yang tidak kuat dengan kafein. Jika kamu mau, cobalah untuk menggantinya dengan minum kopi tanpa kafein. Rasa dan khasiatnya masih dianggap sama oleh para ahli.

Terakhir, ingat selalu untuk mengontrol asupan kopi harian yang aman sesuai saran ahli. Tujuannya agar kamu mendapatkan manfaat sehat yang maksimal dari kopi harianmu.