Apa Itu Dropship?

Apa itu dropship dan bagaimana agar sukses di bisnis ini? Jangan lewatkan ulasan lengkapnya di sini.

Selama lima tahun hingga tujuh tahun terakhir, dropship telah dimanfaatkan oleh ratusan ribu pengusaha. Banyak orang di dalam industri mengklaim model bisnis ini sudah mati. Padahal itu tidak benar. Dropship tentu menjadi lebih kompetitif dan menantang. Akan tetapi, kamu masih dapat mengukir pijakan yang menguntungkan di industri ini.

apa itu dropship

Penjelasan Apa Itu Dropship

Dropship adalah metode pemenuhan bisnis online, di mana penjual tidak menyimpan stok produk yang dijualnya. Sebaliknya, ketika sebuah toko menjual produk, toko tersebut membeli barang yang dijualnya dari pihak ketiga. Agar lebih mudah, mari kita sebut pihak ketiga ini sebagai supplier. Kemudian supplier bertugas mengirimkan pesanannya langsung kepada pelanggan. Oleh karena itu, penjual tidak pernah melihat atau menangani produknya.

Manfaat terbesar menjalankan bisnis dropship adalah kamu tidak perlu berinvestasi dalam produk fisik atau ruang penyimpanan apa pun. Kamu hanya membeli barang ketika pelanggan melakukan pembelian.

Praktik ini mencegah hutang. Cara ini memungkinkan kamu menjalankan bisnis yang ramping namun sangat menguntungkan.

Gimana caranya sukses dengan dropship?

Inilah beberapa hal yang diperlukan untuk menjadi sukses di bisnis dropship.

Temukan Ceruk Yang Tepat

Sebagian besar bisnis dropship fokus pada industri atau ceruk tertentu. Ada banyak aliran pemikiran yang berbeda tentang hal ini. Berikut adalah beberapa petunjuk yang kami siapkan untukmu:

Pilih ceruk yang bergairah. Dengan kata lain, pilihlah produk yang bernilai tinggi. Sehingga kamu bisa mendapatkan untung lebih darinya. Misalnya seperti menjual produk golf. Konsumen berkelas sangat menyukai golf. Mereka akan menghabiskan banyak uang untuk hal itu. Hal yang sama tidak bisa kamu dapatkan dari menjual di bidang kertas atau printer saja, ya kan!

Pilih ceruk yang tidak terlalu spesifik untuk tujuan branding. Di sini kamu menginginkan kategori di mana orang mencari kualitas dan harga. Tidak harus dengan merek tertentu. Misalnya sepatu lari mungkin bukan kategori yang baik. Alasannya, karena orang-orang setia kepada Nike atau Adidas. Mainan anak-anak, di sisi lain, lebih umum. Orang-orang membeli apa yang tampak menyenangkan dan mengasyikkan. Mereka tidak peduli apapun mereknya. Di sisi lain, kamu berkesempatan mem-branding produk di bidang ini.

Dapatkan Izin Yang Diperlukan

Perhatikan beberapa langkah awal sebelum kamu melakukan apapun ketika ingin berbisnis. Hal pertama yang perlu kamu lakukan ialah mendapatkan izin terkait. Dalam hal ini yang kami maksud ialah izin dari supplier.

Tentunya tidak semua supplier mengizinkan praktik bisnis ini.

Mayoritas supplier di luar sana tidak mau direpotkan dengan mengurus pesanan orang lain. Hanya supplier tertentu yang sejak awal memberi kesempatan bagi dropshipper untuk berkembang.

Tugasmu adalah mendapatkan supplier tersebut.

Pilih Jenis Produk Yang Tepat

Lakukan hal ini setelah memusatkan perhatian pada ceruk yang kami jelaskan sebelumnya. Pikirkan produk spesifik yang ingin kamu jual dalam kategori tersebut.

Ini akan memainkan peran penting dalam kemampuan kamu untuk meningkatkan dan mengatur waktumu.

Logistik harus menjadi salah satu perhatian utama kamu saat mengirimkan barang. Jadi lebih baik pertimbangkan produk yang ringan dan tahan lama daripada yang berat dan rapuh. Bijaksanalah, terutama jika kamu baru memulainya. Ini untuk menghindari produk yang membutuhkan lebih dari bantuan teknis sederhana untuk disiapkan.

Apa Yang Membedakan Kamu

Sama seperti yang telah kami singgung sebelumnya. Inilah saat di mana kamu menghadapi lusinan toko, pengecer, dan perusahaan pengiriman dropshop lainnya.

Kamu harus membangun brand yang menarik.

Temukan sesuatu yang dapat membedakan kamu dan benar-benar mendorong faktor pembeda itu menjadi rumah dalam pemasaran, periklanan, dan desain toko online kamu.

Hal ini bisa berupa pengiriman gratis, harga lebih rendah, layanan pelanggan yang lebih baik, desain yang lebih keren, atau apa saja yang menarik perhatian.

Intinya, pikirkan strategi yang menjadikanmu menonjol dari para kompetitor.

Prioritaskan Pelanggan

Pada akhirnya, pelangganlah yang memutuskan apakah bisnis kamu menguntungkan. Pelanggan adalah segalanya bagi sebuah bisnis.

Perlakukan pelanggan dengan hormat dan layani mereka dengan baik. Ketika seorang pelanggan pertama kali membeli di tempatmu, itu artinya ia sudah menaruh perhatian pada bisnismu. Jadikan ini sebagai pengalaman berbelanja terbaik baginya. Sehingga ia mau berbelanja darimu di kemudian hari.

Ini adalah kunci suksesmu. Pelanggan tetap dapat mendorong bisnis kamu dan menciptakan mesin penghasil pendapatan yang berkelanjutan.

Pelajaran Penting Pada Topik Apa Itu Dropship Dan Cara Suksesnya

Apakah kamu memiliki komitmen? Dropship tidak lagi semudah dulu. Ketika persaingan rendah, orang-orang banyak menghasilkan uang dari bisnis ini.

Hari ini, kamu membutuhkan beberapa strategi, kemahiran, dan banyak komitmen. Kamu tidak akan menemukan kesuksesan instan. Butuh waktu berbulan-bulan dan bertahun-tahun untuk mencapainya. Namun, peluang ini masih sangat layak untuk dilirik. Gali dan cari tahu lebih dalam lagi!

Itulah semua hal yang perlu kamu tahu tentang apa itu dropship dan cara sukses dalam industri ini. Sama seperti bisnis lainnya, kamu tidak bisa sukses dengan cara instan. Namun, inilah cara termurah dan murah dalam memulai sebuah bisnis.