7 Hal Penting Kirim Barang Ke Luar Negeri

Mau kirim barang ke luar negeri? Pelajari 7 hal penting kirim barang ke luar negeri berikut ini. Di sini kamu akan belajar cara kirim barang ke luar negeri dengan baik dan benar.

Ikuti terus blog kami untuk tips dan trik bisnis lainnya.

kirim barang ke luar negeri

Kirim Barang Ke Luar Negeri

Dapatkan Asuransi

Pengiriman membawa banyak risiko. Seperti yang kamu bayangkan, kargo yang berisi paket-paket itu harus menempuh perjalanan darat, laut, dan udara untuk sampai ke tujuannya.

Semua tergantung pada negara tujuannya. Akan selalu ada risiko yang terlibat seperti keterlambatan pengiriman dan kesalahan yang tidak dapat dikendalikan.

Oleh karena itu, akan lebih bijaksana untuk mendapatkan asuransi agar kerugian dapat ditanggung. Ada banyak perusahaan asuransi yang berbeda. Sehingga kamu perlu mempelajari dan membandingkan kebijakan, persyaratan, dan cakupan mereka.

Pilih asuransi terbaik dan paling andal yang menawarkan banyak pertanggungan.

Tarif Pengiriman

Tarif pengiriman dapat bervariasi tergantung pada banyak faktor. Berikut adalah beberapa faktor yang kami temukan:

  • Operator Pengiriman;
  • Ukuran dan Berat Paket;
  • Negara Asal dan Negara Tujuan;
  • Peraturan Bea Cukai.

Untuk memeriksa tarif pengiriman, kamu dapat melihat panduan pengiriman, layanan, dan fitur dari perusahaan pelayaran terkait.

Waktu Pengiriman

Waktu pengiriman juga tergantung pada negara tujuan, operator pengiriman, dan peraturan bea cukainya. Waktu pengiriman akan berbeda di setiap negara.

Kamu perlu memperhitungkan waktu pengiriman untuk mengirimkan paket ke alamat pengiriman pelanggan. Berikan kelonggaran pada tanggal pengiriman. Sehingga kamu dapat memberikan harapan yang tepat kepada pelanggan.

Faktur Elektronik

Pengiriman internasional mengharuskan kamu memiliki faktur penjualan yang merupakan bagian dari dokumentasi. Operator pengiriman juga menawarkan faktur tanpa kertas atau elektronik seperti Faktur Tanpa Kertas UPS dan Dokumen Perdagangan Elektronik FedEx.

Dengan cara ini kamu akan dapat mengirimkan faktur ke bea cukai dan mendapatkan izin dari mereka. Selanjutnya, kamu juga dapat mencetak faktur dan memasukkannya ke dalam paket.

Customs Clearance

Menurut Icontainers, “Dalam pengiriman, kamu harus memperhitungkan bea cukai di tempat tujuan kargo dan di tempat asal impor dan ekspor. Dokumentasi yang diminta dengan barang yang diangkut secara internasional sangat penting untuk mencegah penundaan dan biaya tambahan yang terjadi.”

Seperti yang dijelaskan oleh Allegro Freight, kamu perlu berurusan dengan biaya bea cukai. Cara perhitungannya akan didasarkan pada nilai barang yang kamu kirim dan tujuannya.

Kamu juga perlu berurusan dengan pajak seperti biaya pengiriman, biaya pergudangan, dan tambahan lainnya. Satu perusahaan mungkin juga memiliki perhitungan tarif yang berbeda tergantung pada cakupan layanan dan lokasi mereka.

Pelacakan

Ada banyak sekali perusahaan pelayaran internasional yang menawarkan jasa pelacakan barang kiriman. Jadi, kamu juga perlu mempertimbangkannya saat memilih operator mana yang akan bermitra denganmu.

Setelah kamu dapat melacak kiriman, kamu akan tahu apakah paket telah tiba di alamat pengiriman atau belum. Kamu juga akan mengetahui jika ada keterlambatan dan masalah pengiriman atau jika pengiriman ditahan di bea cukai.

Pengemasan

Sebagian besar konsumen menghargai pengemasan dan penyajian produk seperti halnya produk itu sendiri. Selain memastikan produk dikemas dengan rapi, pengemasan juga menjadi faktor penting dalam pengiriman.

Ini juga akan tergantung pada ukuran dan berat paket, tarif pengiriman akan bervariasi.

Kamu dapat memilih bahan untuk kemasan produk agar lebih menarik bagi pelanggan. Kamu dapat memiliki desain kemasan kreatifmu sendiri yang menampilkan merekmu.

Selain itu, pilihlah bahan pelindung yang ringan untuk mengemas produkmu. Sehingga kamu bisa mendapatkan tarif pengiriman yang lebih murah. Kamu juga dapat memilih untuk memiliki label kreatif dalam kemasan untuk lebih menyenangkan pelanggan.

Sebagian besar kurir pengiriman dan opsi pengiriman dibebankan berdasarkan ukuran dan berat. Kamu perlu melakukan yang terbaik untuk menjaga kemasan sekecil mungkin.

Ini akan membantumu menghemat. Tidak hanya pada biaya pengiriman yang dikeluarkan, tetapi juga menjaga biaya pengemasan agar tidak menggerogoti margin keuntunganmu.

Bergantung pada bisnis dan lini produknya, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk membawa beberapa ukuran bahan kemasan yang dipilih secara strategis. Misalnya seperti kotak ukuran kecil, sedang, dan besar.

Syarat Dan Ketentuan Kirim Barang Ke Luar Negeri

Kamu juga perlu mengetahui syarat dan ketentuan dari operator pengiriman serta supplier dropship jika kamu memilih dropship. Pastikan kamu mengetahui kebijakan pengembalian dan penukaran, metode pembayaran, asuransi, jaminan, dan lain-lain.

Lihat supplier dropship di amerika serikat jika kamu tertarik dengan hal itu.

Dengan mengetahui seluk beluk pelayaran internasional, kamu akan lebih siap saat mengirimkan produk ke pelanggan. Dengan ini kamu juga akan sekaligus memaksimalkan margin keuntunganmu.